Senin, 28 November 2011

Optimasi Memori Pada Firefox

Pernahkah anda sebagai pengguna setia browser Firefox merasa jengkel saat tiba-tiba Firefox yang digunakan menjadi lebih lambat. Mungkin pernah, dan bagai anda yang merasa, saya akan berbagi sedikit tips untuk mempercepat Firefox yang tiba-tiba menjadi lambat tersebut. Sebenarnya hal ini disebabkan karena Firefox termasuk jenis browser yang rakus akan pengguaan memori PC kita (RAM). Apalagi jika kita masih menggunakan komputer jadul dengan kapasitas memori dibawah 256MB. Tapi, kita tidak perlu terburu-buru untuk menggunakan browser lain. Tinggal tune up aja agar menjadi lebih enteng dan kencang.

Berikut ada beberapa tips untuk mengoptimalkan performance Firefox agar lebih cepat dan tidak boros memory. Caranya adalah dengan mengetikkan about:config pada address bar browser Firefox yang kemudian akan menampilkan jendela konfigurasi browser tersebut.

Membatasi kapasitas cache memori
Sebenarnya secara otomatis Firefox akan menyimpan data-data (cookies) yang pernah dibuka dari suatu website dalam cache memori. Secara default Firefox menggunakannya sebesar jumlah maksimal RAM yang dimiliki PC yang anda gunakan. Itulah mengapa semakin banyak Anda membuka web, memori komputer Anda akan semakin habis. Cara untuk membatasi kapasitas cache memori dengan cara sebagai berikut.
- Klik kanan pada jendela konfigurasi, pilih New > Integer
- Ketik browser.cache.memory capacity lalu enter
- Masukkan angka 2048 yang artinya gunakan cache memori maksimal hanya 2 Mega

Membatasi kapasitas cache history
Sama seperti cache memori, hanya bedanya cache history lebih ditujukan untuk mempercepat loading halaman browser, saat Anda menekan tombol back dan forward. Apabila Anda jarang memakai back dan forward, ada baiknya Anda set dengan nilai kecil guna menghemat memori.
- ketik browser.sessionhistory.max_total_viewers
- ubah nilai -1 menjadi 3

Membatasi kapasitas cache disk
Secara default Firefox memberikan ukuran cache disk sebesar 50 Mega. Tentunya ini pemborosan memori. Mensetnya menjadi 2 MB dapat memberikan performa yang positif khususnya bagi komputer dengan memori dibawah 128 MB dan harddisk model lama.
- ketik browser.cache.disk.capacity
- ubah nilai 50000 menjadi 2000

Membatasi extension/add-ons
Semakin banyak add-ons yang Anda gunakan, semakin besar RAM yang dihabiskan. Lakukan disable pada add-ons yang jarang Anda gunakan. Untuk membandingkan performa memori yang digunakan saat menggunakan dan tanpa add-ons dapat dilakukan dengan mencoba menjalankan Firefox pada kondisi safe-mode.
- Dengan cara memberi perintah $ firefox-safe-mode
- Pada pilihan yang muncul pastikan Anda beri tanda pada opsi Disable all add-ons

Disable Flash
Tahukah anda bahwa animasi flash yang di load saat Anda membuka web memakan resource RAM yang lumayan besar? Konsekuensinya adalah waktu loading menjadi lebih lambat dan berat. Bahkan pada plugin flash sebelum versi 9, resource RAM yang dipakai merupakan akumulasi dari jumlah flash yang dibuka sebelumnya. Ada baiknya anda disable flash.

Disable download history
Sebaiknya anda nonaktifkan fitur history ini. Karena semakin banyak download history yang disimpan, maka akan menurunkan performa Firefox. Apalagi bila media penyimpannya pada media removeable seperti disket. Caranya adalah sebagai berikut.
- Pilih menu Tools > Options > Privacy
- Hilangkan pilihan tanda pada Remember what I’ve downloaded

Load yang perlu saja
Secara default, tanpa kita sadari Firefox melakukan pre-download pada link halaman web yang mungkin akan kita klik. Hal ini meniru taktik Google yang mencache terlebih dahulu result pertama dari link pencarian yang dia temukan. Tentu cara ini hanya memboroskan bandwdith, dan performa CPU. Nonaktifkan fitur ini dengan cara sebagai berikut.
- ketik network.prefetch-next
- klik dua kali, agar nilainya menjadi false

Melepas memori saat minimize
Dengan cara ini setiap kali Firefox di minimize, otomatis memori yang di pakai akan dilepas / dibebaskan, sehingga dapat dipakai untuk proses aplikasi lainnya. Caranya adalah sebagai berikut :
- klik kanan new > boolean
- ketikkan config.trim_on_minimize
- Set nilainya True

0 komentar:

Posting Komentar