Kamis, 24 November 2011

Mempercepat DNS-lookup untuk Server Favorit

Disaat anda browsing internet entah itu menggunakan browser apapun mungkin anda pernah memperhatikan tulisan di kiri bawah baris status browser? “Connecting to…”, “Waiting for…”, “Transfering data from…”. Itu semua adalah merupakan komunikasi data yang terjadi antara browser, server DNS, dan website yang sedang anda kunjungi. Kalau anda ingin proses tersebut bisa berjalan lebih cepat, ada sedikit tips yang sebenarnya anda bisa lakukan untuk mempercepat proses tersebut.

Ketika kita mengunjungi sebuah website, misalnya www.yahoo.com, yang pertama kali dilakukan oleh browser adalah meminta alamat IP dari website yahoo ke server DNS. Server DNS ini kemudian melakukan pencarian ke database dan memberikan hasilnya kebrowser anda. Alamat IP dari website yahoo adalah 202.131.36.158. selanjutnya browser meminta halaman yang ingin anda kunjungi ke alamat ini. Proses permintaan alamat IP dan pencarian di database jelas memerlukan waktu.

Ada satu trik agar agar browser tidak perlu bertanya ke server DNS yaitu dengan mencantumkan alamat IP website yahoo tersebut ke dalam file Hosts yang terdapat di folder C:WindowsSystem32Driveretc. Dengan cara tersebut browser akan langsung meminta halaman web ke alamat 202.131.36.158.

Cantumkan semua alamat website yang sering anda kunjungi ke dalam file hosts, kalau anda bingung untuk mengetahui alamat IP dari masing-masing website, bisa gunakan perintah run kemudian ketikkan perintah ping www.yahoo.com. Alamat website silahkan diganti dengan website yang anda ingin tahu alamat IP nya. Setelah semua alamat IP yang sering anda kunjungi anda masukan ke file hosts, restart windows agar system membaca ulang isi file hosts. File hosts juga bisa digunakan untuk memblokir alamat-alamat website yang tidak diinginkan.

Catatan : untuk membuka file hosts bisa digunakan program notepad, penulisannya adalah anda tuliskan dahulu nomer IP nya kemudian spasi alamat websitenya.

Contoh : 71.14.253.147 www.google.co.id

0 komentar:

Posting Komentar